Gus Dur dan Misteri Ilmu Laduni (Part 1)


Oleh : KH. Nuril Arifin (Gus Nuril Arifin)



Ini adalah tulisan (note) ke-6 Gus Nuril Arifin di facebook yang dibuat tanggal 1 April 2010.

Berikut adalah Note Beliau Gus Dur dan Misteri Ilmu Laduni (1)


Bismillahirochman nirrokhim,Saudaraku yang dirahmati Allah,sengaja saya menulis sesuatu yang diributkan orang sejak zaman sahabat Nabi hingga sekarang.Bahkan sebelum Masehi ilmu ini menjadi buah bibir,dan sangat sulit terdeteksi.Sehingga banyak yang kemudian merasa memiliki apa yang disebut ilmu laduni.bahkan ada yang kebablasan,merasa memiliki sumber Laduni itu,sehingga kemudian merasa pemilik hak paten atas ilmu ajaib ini.

Sesungguhnya tidak menjadi masalah benar bagi saya dan santri santri pesantren di manapun berada,bahwa semua hukum kausal di dunia ini ditentukan juga oleh hukum diman and suplay.Artinya semuannya berjalan karena adanya penawaran dan permintaan.

Sehingga wajar kalau kemudian ada seorang paranormal menjual air laduni,bahkan ada yang mengaku bernama gus anu atau kyai anu yang dengan gamblang memasang iklan di media cetak dan elektronik,bahwa dia dapat menularkan dan menempelkan atau memberi ilmu laduni.
Kendatipun semua orang tahu bahwa Al Ilmun Nurun,dan Al Alim adalah Allah sendiri.Maka seseorang mengaku mampu menjual dan menempelkan ilmu laduni,sesungguhnya orang tersebut sudah memasang medan konkurensi dengan Allah.matanya disilaukan oleh gebyar harta sehingga tanpa dia sadari berperilaku seperti Firaun,atau bahasa sederhanannya mengaku sebagai berhala yang layak untuk disembah orang'.vis a vis menebar sumber kemusyrikan.

Kalau saja imbalannya besar sih tidak menjadi masalah,tetapi kalau hanya serupiah dua rupiah sangatlah sayang menukarkan surga dengan berpihak kepada thogut. Anehnya semua berjalan seolah olah wajar adanya ,karena masih banyak orang yang tidak mengerti sehingga hukum splay dan diman tetap saja berlaku,sehingga siapa yang membodohi siapa tidak jelas lagi.


Hakikat Ilmu Laduni

Saudaraku ketahuilah bahwa ilmu Laduni adalah perjalanannya cahaya ilham. Dia terjadi setelah jiwa mengalami penyempurnaan,sebagaimana di firman oleh Allah Swt,; Dan Demi Jiwa serta Penyempurnaanya, (QS Asyams;7)

Menurut Imam Ghozali,dalam bukunya Jalan Hidup kaum sufi,jiwa yang sudah mendapatkan kesempurnaan dan dicerahkan oleh cahaya Ilham akan kembali dengan tiga hal,atau dia mengalami proses melewati tiga jalan.Jadi Ilmu laduni tidak ujug ujug,melaikan melewati hukum kausal.

Yang pertama adalah; kecenderungan dan belajar yang sungguh sungguh dengan bimbingan hati yang bersih ,menghasilkan semua ilmu yang dia pelajari menjadi gamblang dan dia mengendapkan dalam benak serta menyimpannya dengan jumlah yang banyak.artinya difahami dan di ulang ulang di telaah.

Kedua latihan batin dan benar benar muroqobah(selalu merasa dirinya diawasi oleh Allah),sehingga dalam setiap gerak langkah dia melakukan aplikasi dari ruh Rabbani yang bernama Al Alim.Malam malam dia solat malam,banyak berdzikir dan mengurangkan makan.Karena perut yang penuh membuat udara berkurang.kalau udara dalam perut dan dada berkurang,asupan oksigen berkurang,asupan oksigen yang berkurang membuat jalannya jantung lambat dan metabolisme tubuh lambat,pembakaran lambat,sehingga mudah ngantuk dan malas.

KH Abdul Aziz Bakri Imampuro,seorang Ulama Ahli Hikmat yang sangat alim ,ketika membaiat saya,berpean Gus jangan lupa ya di dawamkan amalan ini,sekurang kurangnya dari 7nhari seminggu, malam rabu,malam kamis dan malam jumat harus solat hajat dan mewiridkan :
  • Alam ta'lam anallaha yaklam mafis samawati wal ardhi,inna dzalika fi kitabi,inna dzalika Allahiyasir dibaca 111
  • Baca juga Ya Fatahu ya rozak ya alim
  • Inna fatahna laka fatkham mubin
  • Allahumma faqih hu fi dieni wa alamahu ta'wile Ya Allah ya Nur Ya haq ya mubin

dan banyak lagi wirid yang harus dilakukan,semata mata bukan untuk mendapatkan ilmu laduni niatnya,melainkan untuk mendekatkan diri kepada Allah kalau sudah dekat,baru bergantung hak priogratif Allah,di berikan fadillah atau tidak.Nabiyu saw bersabda;' barang siapa mengamalkan apa yang diketahuinya,maka Allah mewariskannya ilmu yang belum diketahuinya' Nabi juga bersabda,jika engkau ingin memperoleh kelipatan ilmu yang luar biasa,mengajarkan ilmu kepada santrimu,karena satu huruf yang engkau ajarkan akan dibalas oleh Allah 10.000 ilmu.


Pintu Ghaib

Yang ketiga adalah,Berfikir.Jika jiwa belajar dan melakukan laku spiritual dengan ilmu,kemudian memikirkan apa yang telah diketahuinya dengan memenuhi syarat syarat berfikir,maka dibukakan kepadanya pintu pintu ghaib.

Ini sama halnya dengan perajin berlian yang memenuhi persyaratan keahlian menggosok,dia akan dibukakan pintu kecantikan krat berlian itu setelah di gosoknya,demikian pula pedagang yang memenuhi syarat ilmu dagang ,maka Allah membukakan pintu rejeki dalam bentuk keuntungan.Oleh sebab itu Sayidina Ali mengatakan, engkau masuk ke masjid setelah wudlu dan solatdua rekaan kemudian duduk dengan niat iktikaf,dan merenungi kejadian alam ini,berfikir atas nikmat yang engkau terima sehingga membangkitkan rasa syukur,sehungguhnya iktikafmu yang semenit itu sama dengan ibadahmu 80 tahun.

Seorang pemikir ketika berjalan diatas kebenaran maka dia menjadi seorang alim dan masuk kepada golongan ulul albab.Orang orang inilah yang pantas memperoleh pencerahan atas ayat " Innafi kholkis samawati wal ardhi,wah tilafi laili wan nahar la ayati li ulil albab......." (sesungguhnya didalam pemciptaan langit dan bumi dan pergantian malam dan siang ,menjadi tanda dan ayat bagi sang ulil albab).

Siapa sesungguhnya ulul albab itu,Allah meneruskan ayatnya," Aladzina yadzkurunallaha qiyaman wa qu'udan wa ala junubihi wayatafakaruna fi kholqis sama wati wal ardhi.Robbana ma kholaqta hadza bathila subkhanaka fakina adzabannar"

Ulul albab adalah golongan atau orang orang yang senantiasa mengingat (berdzikir) Allah,baik dalam keadaan berdiri,duduk dan dalam keadaan berbaring,seraya MEMIKIRKAN kejadian diciptakannya langit dan bumi seraya menemukan jawab bahwa sungguh Allah tidak ada yang sia sia yang Engkau ciptakan.maka aku berlindung dari api neraka-Mu.

Ahli fikir dan dzikir ini oleh Allah dibukakan rahasia rahasia ilmu ghaib,dalam hatinya.sehingga menjadi seorang Alim yang sempurna dan memiliki akal yang senantiasa terilhami.Rosulullah bersabda berfikir sesaat lebih utama daripada beribadah 60 tahun.Namun sesungguhnya kita semua tetaplah akan bergantung dari keridloan Allah,sebagaimana firmannya Yahdilahu linurihi mayasa'.Sesungguhnya Allah menunjukan cahayanya kepada orang yang dikehendaki (QS,An Nur;1).

"Dan barang siapa yang tidak diberi Cahayaoleh Allah tidaklah dia mempunyai cahaya sedikitpun" (QS An Nur ;10).

Namun demikian saudaraku yang dirahmati Allah,sesungguhnya Allah adalah penolong orang orang yang mukmin dan taslim dan senantiasa bersholawat kepadanya.Sholawat ini sungguh senjata orang Islam. "Saiful mukmin asholatu wa do'a".

Pada suatu saat sayidina Abbas Ra,mendatangi Rosulullah,dan berkata : Ya Rosulullah doakan aku agar encer otakku,dan diberikan ilmu laduni agar mudah memahami firman Allah yang mengutusmu.Lalu Rosulullahberdoa; Allahuma Faqih hu fiidien wa alamahu ta'wil.
Sejak didoakan oleh rosulullah maka sayidina Abbas kemudian sangat terkenal alim alqur'annya.Bahkan memahami sir dan asror asrornya Alqur'an (artinya faham rahasia dan dibalik rahasia rahasia alqur'an sehingga tidak ada seorangpun mufasir dari kalangan sahabatpun yang menafsirkan alqur'an tanpa tabayun kepada beliau.Subkhanallah.

Komentar

  1. apakah sir itu sama dg sirna? apa inti ilu titik ba?

    BalasHapus

Posting Komentar

Tulis Komentar (Yang Sopan) disini...

Postingan populer dari blog ini

The Best Adobe Creative Cloud Discounts & Deals: Get 40 to 70% Off (January 2023)

The Best Adobe Creative Cloud Discounts & Deals: Get 40 to 70% Off (March 2023)

101+ Best AI Tools (Sorted by Category) February 2023